Monday, April 7, 2014

Jalur Wisata: Jalur Alternatif Menuju Wisata Anyer, Karang Bolong dan Carita

12:46 AM

Sebagai warga Banten yang baik, rasanya saya punya kewajiban untuk membantu para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Anyer, Carita dan sekitarnya agar bisa sampai ke tujuan dengan cepat, aman dan nyaman. Karena instansi terkait kurang memberikan petunjuk mengenai jalur alternatif menuju wisata Pantai Anyer, mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat.

Bagi wisatawan dari arah Jakarta dan sekitarnya yang ingin berlibur ke Pantai Anyer, Carita, Karang Bolong dan sekitarnya, saya sarankan dalam 3 bulan ke depan tidak mengambil jalur biasa yaitu : EXIT TOL CILEGON TIMUR/BARAT - CIWANDAN - PASAR ANYAR - ANYER.

Saya sangat tidak merekomendasikan mengambil jalur tersebut karena saat ini sedang dilaksanakan perbaikan jalan dengan pengecoran beton di sekitar Ciwandan (sekitar pintu KIEC / Krenceng). Selain itu, kondisi jalan juga rusak berat dikarenakan banyaknya Truk Tronton Pengangkut Batu ke Proyek PLTU Labuan.

Dikarenakan pengecoran jalan beton ini harus mencapai umur minimal 21 hari untuk bisa dilewati, maka saat ini hanya satu lajur saja yang boleh dilewati. Pengecoran jalan juga dilakukan spot - spot pada beberapa titik. Sehingga antrian mobil cukup panjang karena harus lewat bergiliran. Jadi, yang awalnya ingin liburan buat refreshing, kalau dalam perjalanan macet dan jalannya rusak, hilang deh refreshing nya.

Saya sarankan lewat JALUR ALTERNATIF : EXIT GERBANG TOL SERANG TIMUR - MASUK KOTA SERANG - JALAN SUDIRMAN - A YANI - CICERI - MALL SERANG / ALUN2 - KANTOR GUBERNUR, BELOK KANAN - 50 METER, MENTOK BELOK KIRI KE JALAN MAYOR SYAFEI - LAMPU MERAH KE 1 (ada Indomart di kiri), LEWATI - PERTIGAAN KEPANDEAN, BELOK KIRI KE JALAN LETNAN JIDUN - 100 m ada perempatan (SIMPANG BRIMOB), BELOK KANAN MENUJU TAKTAKAN - GUNUNG SARI - MANCAK - PASAR ANYAR.

Ikuti jalu tersebut, anda akan keluar di Pasar Anyar (depan mesjid). Dari situ jalan yang dilewati sudah lumayan bagus dan tidak macet.

Jika mengambil jalur Taktakan - Gunung Sari - Mancak - Anyer ini, anda akan menempu jarak sekitar 36 Km. Sekitar 13,5 Km dari Simpang Taktakan / Simpang Brimob, akan ada simpang tiga. Anda ambil jalan yang ke kanan yang berbelok menekuk. Tapi ada rambu penunjuk arah koq, jgn khawatir. Jalan memang tidak terlalu lebar (sekitar 4,5 - 5 m). Tetapi kondisi jalan secara umum cukup baik. Menempuh jalu ini dengan kecepatan normal (35 - 45 Km / Jam) memerlukan waktu sekitar 60 menit. Jalur ini terdapat banyak tikungan - tikungan dan turunan / tanjakan yang kurang standar (curam dan berkelok). Tetapi ini hanya dibagian tengahnya saja sampai menjelang ujung. Kondisi jalan yang berkelok2 mewajibkan anda untuk ekstra hati - hati, jangan terlalu ngebut dan ugal - ugalan. Cukup kecepatan maksimal 40 Km / jam saja.

Namun kondisi jalan yang berkelok2 terbayar lunas oleh pemandangan di sisi kiri dan kanan anda yang indah dan hijau. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan bukit, gunung, lembah dan sawah yang hijau. Anda juga dapat berhenti sejenak ditengah - tengah jalur ini untuk melihat keindahan Cagar Alam RAWADANO.

Jika anda ingin mengambil rute ini, patokannya exit Tol Serang Timur, lalu anda menuju KEPANDEAN dan tanyakan Simpang Taktakan atau Simpang Brimob. Ambil arah ke Anyer.
Alternatif kedua jika tujuannya Pantai Carita, selain bisa menggunakan jalur Taktakan - Gn sari - mancak - Anyer, anda juga bisa menggunakan JALUR PALIMA - CIOMAS - CINANGKA / PASANG TENENG. dengan jarak tempuh 41, 00 Km. Rute nya sebagai berikut : EXIT TOL SERANG TIMUR - BELOK KANAN AMBIL ARAH TERMINAL PAKUPATAN - LEWATI TERMINAL PAKUPATAN, 100 m DARI TERMINAL ADA PERTIGAAN DENGAN LAMPU MERAH, BELOK KANAN MENUJU PALIMA, IKUTI RUTE INI SEKITAR 10 KM - LEWATI POLDA BANTEN - LEWATI PUSPEM PROVINSI BANTEN - SAMPAI PEREMPATAN PALIMA (YANG TIDAK ADA LAMPU MERAH, AMBIL ARAH LURUS KE CIOMAS - DI PERTIGAAN CIOMAS BELOK KANAN (JANGAN LURUS) - IKUTI RUTE JALAN YANG BERHOTMIX - KELUAR DI CINANGKA (LEWAT PASAR SIRIH SEDIKIT). Jalur alternatif ini sama memiliki medan berkelok dan naik turun, tetapi pemandangannya indah.

Bagi yang sering mabuk perjalanan, dua jalur alternatif diatas tadi memang tidak direkomendasikan. Tetapi jika kendaraan tidak terlalu dipacu dan diselingi oleh istirahat disepanjang perjalanan mungkin bisa juga.

Jadi, tetaplah berwisata ke Pantai Anyer, Karang Bolong, Carita dan Sekitarnya. Karena kunjungan anda ke Banten sangat berarti bagi industri wisata kami khususnya wisata pantai selat sunda. Oke, selamat berwisata, DRIVE SAFE !.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.